Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mencintai Diri Sendiri Adalah Hal Terbaik Dalam Hidup

Source picture: pixabay 


Sebenarnya mengapa kita harus mencintai diri sendiri? Rasanya kalimat tersebut terdengar tak biasa di telinga. Mencintai diri sendiri atau yang dikenal dengan istilah self love merupakan isu psikologi yang kerap digaungkan. Saya pun yang awalnya bingung dengan istilah tersebut akhirnya mengamini apa yang dinamakan self love.

Dalam hidup ini terkadang kita terlalu sering mendengarkan perkataan orang lain dan lupa pada hakikat diri sendiri. Misalnya saja ada orang mengkritik bentuk tubuh kita yang gemuk. Lalu dengan sekuat tenaga kita berolahraga agar bisa langsing. Namun yang terjadi adalah kita jadi sakit karena pola diet yang salah. Dan itu semua hanya demi menyenangkan orang lain.

Mungkin kebanyakan manusia tidak sadar selama hidupnya bahwa dia tidak pernah mencintai diri sendiri. Termasuk saya yang bisa jadi lupa bahwa saya ada dan berhak bahagia.

Bahkan seseorang yang menjadi generasi sandwich pun bisa dikatakan tidak mencintai dirinya sendiri manakala dia dituntut untuk selalu mengerti orang lain walaupun notabene itu keluarganya.

Bagaimana Konsep Self Love Itu?

Konsep self love sendiri bermacam-macam penafsiran. Bisa jadi tafsiran saya dengan kalian itu berbeda lho. Menurut saya pribadi, self love merupakan cara kita menghargai diri sendiri dengan segala talenta yang dimiliki.

Kita berharga dan punya nilai lebih dan tak perlu risau dengan penilaian orang lain. Kita wajib bangga dengan diri sendiri, mau sebagaimana buruknya penilaian orang terhadap kita. 

Terkadang kita sering tak mengenali diri sendiri. Berusaha setengah mati untuk menyenangkan orang lain. Lalu apakah mereka peduli dengan kebahagiaan kita? Rasanya tidak deh.

Lalu bagaimana caranya agar bisa mencintai diri sendiri dengan berharga? Ini versi saya:
  • Jangan takut dengan penilaian orang lain
Dulu saya paling takut dan gusar dengan penilaian orang lain. Sekarang saya berusaha tidak ambil pusing dengan penilaian orang lain yang bisanya kepo pada hidup kita.

Orang lain selalu bilang, "ini saran untuk menjadi lebih baik". Namun apakah kita nyaman dengan saran itu? Hanya kamu yang bisa merasakan.
  • Bersyukur dengan pencapaian hidupmu
Dengan bersyukur akan pencapaian yang telah kamu lakukan, maka artinya kamu telah mencintai serta menghargai diri sendiri. Syukurilah apapun yang telah kau dapatkan dalam hidup. Besar kecilnya suatu pencapaian hanya masalah fisik.

Engkau berhak bahagia dengan segala pencapaian. Biarkan orang mengkritik namun jangan hentikan langkahmu.
  • Hindari pergaulan yang toxic
Saya pernah berteman dengan seseorang yang menjadikan saya tidak bisa menjadi diri sendiri. Teman tersebut selalu menginginkan saya agar mau hadir di setiap dia membutuhkan. Lalu bagaimana jika saya yang membutuhkan? Rasanya saya hanya melihat hubungan pertemanan satu arah saja.

Akhirnya saya bertekad mengakhiri hubungan pertemanan yang tidak sehat itu. Buat apa punya teman jika harus dipaksa menjadi pendengar.
  • Lakukan me time
Kamu sudah bekerja keras untuk keluargamu. Sekarang waktunya kamu memikirkan diri sendiri. Bukan tak peduli, namun ingat kamu berhak bahagia.

Jika selama ini kamu menjadi sandwich generation, maka bolehlah sesekali sisihkan pendapatanmu untuk keperluan diri sendiri yang mungkin sebenarnya penting.

Posting Komentar untuk "Mencintai Diri Sendiri Adalah Hal Terbaik Dalam Hidup"