Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Waspadalah, Berikut Ciri-Ciri Ginjal Bermasalah

 
Waspadalah, Ciri-Ciri Ginjal Bermasalah yang Patut Anda perhatikan


Setiap manusia pastinya ingin sehat selalu dalam hidupnya. Siapa sih yang ingin sakit-sakitan, tentu kalau bisa kita menghindari segala bentuk penyakit.

Namun terkadang kita tidak tahu kapan penyakit akan menghampiri tubuh ini. Meski dirasa sudah sangat menjaga kesehatan, namun jika mengabaikan hal yang dianggap remeh, maka tak menutup kemungkinan seseorang akan menderita penyakit kronis.

Salah satu penyakit kronis yang cukup membahayakan manusia adalah penyakit kelainan pada ginjal atau bisa disebut dengan gagal ginjal.

Ginjal adalah organ vital yang memiliki fungsi utama dalam menyaring limbah dan kelebihan cairan dari darah, serta menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh. Ketika ginjal mengalami masalah, fungsi ini dapat terganggu dan berpotensi menyebabkan masalah kesehatan serius. 

Mengenali ciri-ciri ginjal yang bermasalah sejak dini sangat penting bagi kita untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Berikut merupakan ciri-ciri ginjal yang bermasalah yang perlu Anda waspadai:

1. Perubahan dalam Pola Buang Air Kecil

Salah satu tanda paling umum ginjal yang bermasalah adalah perubahan dalam pola buang air kecil. Anda mungkin mengalami frekuensi yang berubah dalam hal buang air kecil. Bisa menjadi terlalu sering atau jarang untuk buang air kecil.

Selain itu pula terjadi perubahan pada warna urine dimana berubah menjadi lebih gelap dari biasanya atau bahkan berbusa. Meskipun pada beberapa kasus, urine yang berbusa juga merupakan tanda seseorang menderita diabetes. Selain itu juga penderita penyakit ginjal akan sering mengalami nyeri saat buang air kecil atau terdapat darah dalam urine.

2. Pembengkakan Tubuh

Ginjal yang tidak berfungsi dengan baik dapat menyebabkan penumpukan cairan dalam tubuh, yang mengakibatkan pembengkakan di beberapa area, seperti kaki dan pergelangan. Selain itu juga terjadi pembengkakan pada wajah dan kelopak mata. Untuk lebih memastikan lagi tentu Anda harus segera berobat ke dokter spesialis penyakit dalam.

3. Tekanan Darah Tinggi

Ginjal memiliki peran penting dalam mengatur tekanan darah manusia. Anda yang terkena penyakit ginjal biasanya mengalami peningkatan tekanan darah, dengan gejala sakit kepala atau pusing ketika saat berdiri secara tiba-tiba. 

4. Rasa Kelelahan dan Kelemahan

Ginjal yang tidak berfungsi dengan baik dapat mempengaruhi keseimbangan zat besi dalam tubuh manusia, yang dapat menyebabkan rasa lelah berlebih dimana tidak kunjung hilang meskipun sudah cukup tidur. Bahkan ketika seorang penderita kelainan ginjal akan merasa lelah meskipun hanya melakukan aktivitas fisik yang ringan.

5. Mual dan Muntah

Peningkatan kadar limbah dalam darah akibat gangguan ginjal dapat menyebabkan gangguan pencernaan yaitu mual tanpa alasan jelas dan juga muntah yang disertai dengan kehilangan nafsu makan.

6. Gatal dan Ruam Kulit

Gangguan ginjal dapat menyebabkan akumulasi racun dalam tubuh, yang mengakibatkan gatal-gatal hampir di seluruh tubuh. Penderita kelainan ginjal juga mengalami ruam kulit yang menyebabkan kulit menjadi kering atau mengalami perubahan warna.

7. Kesulitan Bernafas

Penumpukan cairan di paru-paru akibat gangguan ginjal dapat menyebabkan sesak nafas terutama saat beraktivitas atau ketika berbaring.

8. Napas Berbau Ammonia

Kadar urea yang tinggi dalam darah dapat menyebabkan napas berbau ammonia atau mirip dengan bau amonia. Bau mulut pada penderita kelainan ginjal disebut juga dengan uremia.

Penutup

Jika Anda mengalami salah satu atau beberapa dari gejala di atas, penting untuk segera berkonsultasi dengan tenaga medis untuk melakukan evaluasi lebih lanjut. Deteksi dini dan penanganan yang tepat dapat mencegah kerusakan ginjal yang lebih serius dan komplikasi kesehatan lainnya. Perawatan ginjal yang efektif sering kali melibatkan perubahan gaya hidup, pengobatan, dan dalam beberapa kasus, prosedur medis lebih lanjut.

Selalu jaga kesehatan ginjal Anda dengan pola makan yang sehat, cukup minum air, dan rutin melakukan pemeriksaan kesehatan. Mengidentifikasi masalah ginjal lebih awal adalah kunci untuk menjaga kesehatan dan kualitas hidup yang baik.

Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Waspadalah, Berikut Ciri-Ciri Ginjal Bermasalah"