Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Bergabung Menjadi Anggota Organisasi Ahli Farmasi

Organisasi Ahli Farmasi
credit photo: Pixabay


Ketika kita berencana melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi, tentu saja akan terbersit sebuah cita-cita bahwa kelak kita akan menyandang profesi tertentu. Masih ingatkan ketika kita kecil, ketika ditanya guru, mau jadi apa ketika dewasa nanti. Pasti jawaban kita sangatlah beragam. Ada yang ingin jadi dokter, polisi, pilot dan masih banyak lagi profesi pekerjaan lainnya.

Profesi itu tidak akan didapat sebelum kita berhasil menempuh ke jenjang pendidikan yang hendak dipelajari. Misalnya saja ketika kita ingin menjadi seorang dokter, maka kuliah di fakultas kedokteran merupakan kewajiban sebelum meraih gelar dokter. Atau ketika kita ingin menjadi pilot, maka kita harus lolos ujian di Akademi Penerbangan Indonesia. 

Setelah lulus dari pendidikan di perguruan tinggi yang kita tempuh, tentunya secara resmi profesi yang didambakan melekat pada identitas kita. Salah satu profesi yang banyak dikenal oleh masyarakat adalah ahli farmasi yang sedikit banyak memberikan kontribusi di dunia kesehatan.

Ahli farmasi atau yang biasa disebut dengan Apoteker merupakan profesi yang memiliki tugas serta tanggung jawab dalam meracik obat sesuai dengan fungsinya, mengeluarkan obat sesuai yang telah diresepkan oleh dokter.

Manfaat Bergabung di Organisasi Ahli Farmasi

Ketika menjadi seorang ahli farmasi maka tentu saja kita memiliki Surat Ijin Praktik yang bisa digunakan ketika bekerja di perusahaan ataupun di apotek. Agar tidak ketinggalan informasi seputar profesi Apoteker, maka sebaiknya kalian lulusan farmasi secepatnya bergabung menjadi anggota organisasi ahli farmasi, yaitu PAFI.

Ada beberapa manfaat ketika bergabung menjadi anggota organisasi ahli farmasi, antara lain:
  • Mendapatkan relasi yang luas di dunia farmasi
  • Tidak ketinggalan informasi seputar perkembangan dunia farmasi
  • Diberi kemudahan ketika akan mengurus perpanjangan dokumen penting penunjang profesi sebagai ahli farmasi
Tentu saja hampir di seluruh wilayah Indonesia terdapat banyak ahli farmasi yang tersebar merata. Hal ini dikarenakan ahli farmasi erat hubungannya dengan dunia kesehatan. Salah satu wilayah Indonesia yang juga terkait dengan ahli farmasi adalah Kabupaten PakPak Bharat.

Kabupaten PakPak Bharat terletak di Provinsi Sumatera Utara yang baru saja terbentuk sekitar 21 tahun lalu, tepatnya pada tanggal 28 Juli 2003. Meskipun masih tergolong Kabupaten baru,  namun Kabupaten Pakpak Bharat tentu sudah berkembang menjadi sebuah wilayah dengan masyarakat di dalamnya. 

Kabupaten Pakpak Bharat tentunya juga peduli dengan bidang kesehatan, sehingga kalian lulusan dari jurusan farmasi bisa juga berkarir di kabupaten Pakpak Bharat. Apabila masih belum mengetahui mengenai informasi seputar dunia farmasi, bisa bertanya kepada pengurus PAFI Pakpak Bharat melalui website https://pafipakpakbharat.org/.

Bidang kesehatan tidak hanya terdiri dari dokter, perawat maupun penyuluh kesehatan saja. Ahli farmasi juga turut memberikan kontribusi terhadap dunia kesehatan dimanapun juga, salah satunya di Kabupaten Pakpak Bharat.

Meskipun kabupaten biasanya berisikan penduduk yang tidak terlalu banyak jumlahnya, namun masalah kesehatan tetap harus menjadi prioritas utama. 

Penutup

Bagi kaliah lulusan jurusan farmasi, maka ketika sudah menyandang status sebagai ahli farmasi setidaknya perlu untuk menjalin relasi sesama anggota farmasi lain di kota tempat domisili kalian.

Nah, para ahli farmasi yang berdomisili di Kabupaten Pakpak Bharat, tak perlu ragu untuk bergabung sebagai anggota PAFI Pakpak Bharat. Agar lebih jelasnya kalian bisa mengunjungi situs https://pafipakpakbharat.org/ untuk mengetahui berbagai kegiatan yang sedang berlangsung di Kabupaten Pakpak Bharat.

Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Manfaat Bergabung Menjadi Anggota Organisasi Ahli Farmasi"